Kamis, 21 Juni 2012

Cinta Indonesia part 4


MAKANAN  KHAS  JAWA  TENGAH

Semarang
Lumpia semarang adalah makanan semacam rollade yang berisi rebung, telur, dan daging ayam atau udang.

Magelang
Kupat tahu magelang memiliki bahan dasar ketupat dan tahu yang dilengkapi oleh sayuran segar (kol dan kecambah) dan bakwan goreng. Kemudian disiram dengan kuah berbumbu bawang. Kupat tahu memiliki Perpaduan rasa asam dan manisnya dan rasa pedasnya.

Tegal
Sate Tegal adalah sate yang dibuat dari daging kambing atau domba muda, yang dipotong dadu (±1,5 - 2 cm) disusun pada tusuk sate dari bambu dikombinasikan dengan lemak (gajih) dan hati atau ginjal. Kemudian daging sate dibakar di atas bara arang kayu atau arang batok kelapa sampai matang.  Sate Tegal biasa dihidangkan dengan bumbu sambal kecap yang terdiri dari kecap manis, cabai rawit, bawang merah dan tomat.

Kudus
Soto Kudus adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto Kudus terdapat dua jenis soto ayam dan soto kerbau dengan bahan tambahan dalam soto, suwiran ayam goreng, tauge, bawang merah goreng, seledri, dan bawang putih goreng. Soto Kudus dalam penyajiannya memiliki tradisi dihidangkan dalam mangkuk kecil untuk satu porsi soto. Hidangan soto Kudus tidak hanya dapat ditemukan di Kudus, saat ini juga dapat ditemui di berbagai kota di Indonesia.

Solo
Sate buntel, adalah sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak kambing lalu dibakar. Bumbu sate buntel terutama adalah merica dan kecap manis.

Yogyakarta
Gudeg adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.

Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
·         * Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
·        * Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
·        *Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.
   
  FOTO-FOTO :

LUMPIA SEMARANG
SATE BUNTEL SOLO

SOTO KUDUS

GUDEG JOGYA

KUPAT TAHU MAGELANG
SATE TEGAL




sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_masakan_Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar